Rabu, 21 Juli 2010

WANITA TERMUDA DAN TERTUA YANG MELAHIRKAN ANAK

Pagi ini, saat menelusuri berita di VIVAnews (salah satu portal favoritku), saya menemukan dua berita yang cukup mengejutkan dan diluar nalar saya sebagai orang yang mengerti sedikit tentang kesehatan. Jangankan saya yang pernah belajar tentang anatomi dan fisiologi tubuh manusia, orang awam sekalipun pasti akan kaget dan setengah tak percaya bila membaca berita tersebut. Bagaimana mungkin seorang wanita yang sudah berusia 70 tahun bisa melahirkan sepasang anak kembar..? Lebih tidak mungkin lagi bila seorang anak yang masih berusia 5 tahun bisa hamil dan melahirkan seorang bocah laki-laki dengan berat badan yang normal. Rentetan pertanyaan berikutnya pasti akan bermunculan, tetapi toh kenyataannya hal itu sudah pernah terjadi dan itulah yang saya baca pagi ini.
                               Omraki Panwar dan anak kembarnya

Diberitakan bahwa ada dua orang ibu berusia 70 tahun di India yang melahirkan, mereka adalah Omraki Panwar dan Rajo Devi Lohan. Mereka berdua hamil dan melahirkan anak melalui program bayi tabung. Menurut Vivanews, yg juga mengutip berita yang dirilis oleh Daily Mail, Sang Ibu Panwar sengaja menjual ternak dan kebunnya serta menghabiskan seluruh tabungannya untuk program bayi tabung tersebut. Dia nekat melakukan/mengikuti program bayi tabung ini karena dirinya belum memiliki anak laki-laki (sebelumnya sudah memiliki dua anak perempuan), yang akan meneruskan atau menjaga warisan keluarga. Sebuah aksi yang nekat karena sangat beresiko. Kita semua tahu bahwa usia 70 tahun adalah usia yang sudah tidak mungkin lagi untuk hamil apalagi melahirkan. Jangankan 70 tahun, menurut aturan kesehatan, usia di atas 35 tahun saja, bagi wanita merupakan usia yang sangat rawan dan beresiko menganggu kesehatan ibu dan janin bila hamil dan melahirkan anak. Lalu sebegitu pentingkah anak laki-laki bagi ibu itu sampai dia rela mengorbankan dirinya dan juga anak yang dikandungnya itu..? Kadang kala saat berhadapan dengan adat istiadat, segala aturan kesehatan akan di terabas dan dilanggar, sekalipun nyawa adalah taruhannya. Dan hal itulah yang terjadi dengan ibu berusia 70 tahun itu..Hanya untuk mendapatkan anak laki-lai sebagai penerus atau penjaga warisan keluarga, dia rela untuk hamil lagi. Dan satu hal yang juga patut dipuji dari ibu 70 tahun ini adalah dia berusaha memberikan ASI Eksklusif untuk sepasang anak kembarnya. Masih mungkinkah itu diberikan...????

Satu hal lagi yang bikin saya sangat terperanjat adalah saat melihat topik/judul berita yang berbunyi : Ibu termuda, melahirkan di usia 5 tahun. Penasaran, saya coba mengklik untuk melihat keseluruhan beritanya. Ternyata itu terjadi sekitar tahun 1939, di Peru (salah satu negara di Amerika Latin). Kejadian ini menimpa seorang anak perempuan 5 tahun bernama Lina Medina. Menurut berita yang ditulis VIVAnews, Kisah itu berawal saat masih berusia 5 tahun, bocah perempuan ini mengalami perubahan dalam tubuhnya. tidak seperti anak sebaya lainnya. Bagian perut dan payudaranya terus membesar. Oleh orang tuanya, dia di bawa ke rumah sakit. Semula dokter mengira, anak ini menderita tumor. tetapi setelah diperiksa ternyata dia sedang mengandung dan usia kehamilannya sudah 8 bulan. Satu setengah bulan setelah diperiksa, tepatnya tanggal 14 Mei 1939 dia melahirkan bayi laki-laki yang normal dgn berat 2,7 kg. Percaya ga percaya, itu telah terjadi. Lali kenapa itu bisa terjadi...?
                      Dr Geraldo Lozada, Lina Medna dan Gerardo (anaknya)
  
Menurut penuturan Dr Edmundo Escomel kepada La Presse Medicale, Ibu muda ini mengalami gangguan hormonal sejak bayi. Ia mengalami pubertas yang ditandai datangnya haid sejak dia berusia 2 bulan. Pada usia 4 tahun, payudaranya sudah tumbuh layaknya seorang gadis. Bisa jadi secara umum alat reproduksinya saat itu sudah matang. Tetapi sayangnya, tidak diketahui siapa ayah biologis dari anak yang telah dilahirkannya. Ayah dari Lina Medina sendiri sempat ditangkap sebagai pelakunya tetapi dilepaskan kembali karena tidak cukup bukti.

Hemm, dua berita yang cukup menggelitik dan menampilkan kepada kita semua, betapa hidup ini penuh dengan aneka keanehan-keanehan yang kadang-kadang terjadi di luar kebiasaan-kebiasaan umum dan di luar akal sehat kita. Keanehan yang muncul kadang karena ulah/perbuatan nekat manusianya sendiri seperti yang dialami oleh ibu 70 tahun di India itu. Tetapi juga keanehan yang tidak dikehendaki, yang diluar kendali manusia. Saat Lina Medina mengalami pubertas yang jauh lebih awal dari semestinya, tentu itu terjadi bukan atas keinginannya. Gangguan hormonal sejak bayi membuat organ kewanitaannya jadi lebih cepat matang dibanding anak-anak seusianya. Tetapi sayangnya, dia harus menjalankan peran sebagai ibu jauh sebelum waktunya juga akibat ulah laki-laki tidak bertanggungjawab...Kasihan sekali. Sudah mengalami penderitaan karena gangguan hormonal, dibuat tambah mendertia lagi karena harus mengandung dan melahirkan anak saat dia masih harus bermain-main dengan teman-teman kecilnya..
Terima kasih VIVAnews, karena telah menyuguhkan dua berita aneh tapi nyata untuk saya di pagi yang cerah ini....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar