Sabtu, 17 April 2010

TAMU BERSAYAP YANG KOTOR KAKINYA


Tahukah anda bahwa sepasang lalat dapat berkembangbiak sampai berjuta-juta hanya dalam beberapa minggu? Untunglah tidak semua lalat tersebut dapat hidup sampai dewasa. Lalat banyak musuhnya tetapi masih cukup banyak yang dapat  hidup terus dan menyebabkan kesusahan.

Lalat hidup hampir seluruhnya dari kotoran. Lalat itu berkembang biak dengan cepatnya pada bermacam-macam benda busuk. Tiap lalat betina sanggup menelurkan 2000 butir telur, dan banyak di antaranya dapat mencapai dewasa dalam tempo dua belas hari.

Lalat bukan saja merupakan gangguan, tetapi dapat juga mengancam kesehatan keluarga. Kebiasaannya kotor dan menjijikkan. Lalat itu membawa bermacam-macam kuman yang berbahaya pada kakinya dan juga pada rambut halus yang ada di seluruh tubuhnya. Lalat paling banyak menyebabkan penyakit dan kematian di banyak bagian dunia dewasa ini.

Mengapa Lalat Berbahaya

Lalat membawa kuman bukan saja pada kakinya, tetapi juga di dalam tubuhnya. Setiap lalat mempunyai semacam kantong yang diisi sewaktu makan. Setelah mengambil makanan secukupnya dari timbunan kotoran, lalat terbang menuju ke suatu tempat yang enak untuk beristirahat dan mencernakan makanannya. Di situlah lalat itu memindahkan bahan makanan yang kotor tadi dari kantong ke dalam perutnya sendiri, dan sering meninggalkan sebagian makanan itu. Inilah yang menyebabkan " bintik-bintik lalat " ( tahi lalat ) di dinding dan mungkin juga di meja makan atau pada bak air di dapur, jikalau lalat itu dibiarkan masuk ke dalam rumah.

Lalat Membawa Kuman-kuman

Lalat membawa bermacam-macam kuman, seperti typhus abdominalis, kolera, disentri, scarlatina, diphtheria, malah telur cacing dan parasit usus juga. Di mana saja lalat itu hinggap, di situlah ditinggalkannya kotoran dan kuman-kuman. Lalat itu mengotorkan mangkuk, alat makan, dapur, restoran, toko makanan dan gudang. Banyak bayi jatuh sakit sebab makanan mereka telah dikotori dengan jalan ini.

Lalat yang biasa mungkin tampaknya kecil dan tidak berarti menurut anggapan sebagian orang, tetapi justru inilah yang menjadikan lalat itu lebih berbahaya. Sebagai contoh, delapan ekor lalat yang dipelajari oleh rombongan penyelidik didapati masing-masing membawa tidak kurang dari 750.000 kuman. Perlukah kita heran lagi melihat amat banyak penyakit di beberapa bagian dunia ini? Di mana kurang lalat di situ kurang penyakit. Di mana banyak lalat, rakyat sering sakit.

Melindungi Rumah Anda Dari Lalat

Jalan yang terbaik untuk mengatasi lalat di sekeliling rumah ialah mencegah jangan sampai lalat itu berkembang biak. Periksalah baik-baik tempat di sekeliling halaman dan perhatikan apakah ada sampah yang perlu dibersihkan. Biarlah tempat sampah ditutup baik-baik dan disemproti obat pembasmi kuman. 

Cara terbaik untuk melindungi rumah anda dari gangguan lalat adalah dengan memasang tirai kawat pada tiap pintu dan jendela. Jagalah agar tirai kawat ini dipasang baik-baik supaya lalat kecil tidak menyelinap masuk melalui lubang kecil.

Jagalah makanan anda dengan menyimpannya di dalam lemari es yang baik, kalau ada. Ini akan mencegah agar makanan itu tidak menjadi basi. Ini juga menghindarkan lalat dan gangguan lain. Jika anda hendak makan di rumah makan, carilah yang bersih dan rapi. Ingatlah, tempat yang penuh lalat dan kutu bukanlah tempat makan yang menyehatkan.

Semoga informasi yang singkat ini,akan membantu anda semua untuk semakin waspada dan berhati-hati dengan tamu bersayap yang mendatangi rumah anda, LALAT..Kecil, tetapi mendatangkan banyak masalah kesehatan..


dikutip dari : Petunjuk Modern Kepada Kesehatan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar